• Tentang Apartemen

    Tranquality hidup adalah bermimpi yang dapat mungkin saat Anda tinggal di apartemen kami. suasana Georgeus membuat Anda merasa benar-benar tenang saat Anda sedang disambut oleh panorama yang indah dari Parahyangan.
  • Tentang Townhouses

    The Edge menyediakan rumah-rumah kota untuk orang-orang yang mencintai tinggal di gaya hidup perkotaan. Sebuah kolam renang yang indah dan taman hanya di depan pintu Anda.
  • Tentang Arcade

    kebutuhan harian Anda dari rumah tangga semudah berjalan di resto ini, arcade & kafe melengkapi gaya hidup Anda dan sekaligus mengencangkan persahabatan sosial Anda.
  • Tentang Fasilitas

    Sorry, it is too long to mention it in this brochure, please ask our marketing staff to explain further.
  • Peraturan

    BAB I. RINGKASAN DATA RUMAH SUSUN THE EDGE SUPERBLOCK

    I.1 The Edge Superblock Secara Umum

    Rumah Susun The Edge Superblock dibangun dengan konsep Superblock dimana didalam kompleks yang sama dibangun pula townhouse, hotel dan kawasan komersil yang terdiri dari perkantoran, pendidikan, kesehatan, supermarket dan ruko. Penggabungan dari fungsi-fungsi bangunan ini dengan segala fasilitasnya yang lengkap pada akhirnya memberikan nilai tambah yang tinggi bagi para penghuni apartemen khususnya.

    Apartemen The Edge Superblock dibangun dengan menggunakan konsep Rumah Susun (Strata Title) dimana tiap-tiap unit apartemen memiliki sertifikat Satuan Rumah Susun (Sarusun) yang terpisah sehingga dapat dimiliki secara individual. Sertifikat Sarusun itu sendiri merupakan bukti kepemilikan unit apartemen yang sah secara hukum. Dalam konsep Rumah Susun ini pemilik Sarusun bukan hanya memiliki unit apartemen yang dibelinya akan tetapi juga bersama dengan para pemilik Sarusun lainnya secara bersama-sama ikut memiliki fasilitas-fasilitas atau bagian-bagian gedung lain yang ada, sebagaimana dikenal dengan Bagian Bersama, Benda Bersama maupun Tanah Bersama.

    Dalam konsep Rumah Susun ini kemudian dikenal adanya Perhimpunan Penghuni sebagai badan hukum yang merupakan himpunan dari para pemilik dan penghuni Rumah Susun yang akan menentukan kebijakan mengenai pengelolaan Bagian Bersama, Benda Bersama maupun Tanah Bersama. Dalam melakukan tugas pengelolaan ini ditunjuk Badan Pengelola profesional yang akan mewakili Perhimpunan Penghuni dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah mengenai Rumah Susun maka untuk pertama kalinya sebelum terbentuknya Perhimpunan Penghuni tersebut maka Penyelenggara Pembangunan, dalam hal ini PT Bangun Bumi Waluya, diwajibkan untuk bertindak sebagai Badan Pengelola sementara.

     

    I.2. Data-data Teknik Rumah Susun The Edge Superblock:

    Luas Area : (Rumah Susun The Edge Superblock)

    Tempat Parkir : Halaman dan gedung Parkir

    Type-unit/satuan Rumah Susun:

    1 Kamar Tidur ( Studio)
    2 Kamar Tidur ( Exsecutive)
    3 Kamar Tidur ( Penthouse )

    Alamat Gedung : Jl. Raya Baros No.57 Kota Cimahi

    I.2. Sarana dan Prasarana:

    Lift :
    Tower A: 4 unit lift penumpang.

    Air :
    Setara PAM & Deep Well
    Listrik : PLN dan Part Load Back Up Genset * (*hanya bagian bersama)

    1 Kamar ( Studio ) : 900 watt.
    2 Kamar ( Exsecutive ) : 1300 watt
    3 Kamar ( Penthouse ) : 2200 watt

    Instalasi yang disediakan:

    • Outlet listrik dan titik lampu.
    • Instalasi TV lokal (free) dan TV Cable berlangganan.
    • Instalasi line telephone.
    • Heat Detector.
    • Perlengkapan Pemadam Kebakaran.
    • Sistem plumbing.

    I.3. Fasilitas Rekreasi :

    Kolam Renang
    Halaman dan Taman
    Fitness Studio (Ruang Senam)* *berbayar/member

    I.4. Fasilitas Penunjang :

    Ruang Rapat/Meeting
    Laundry
    Wellness Centre
    Kiddy Care
    Pasar Tradisional

    I.5. Security System:

    A. Acces Control.
    Setiap pemilik/Penghuni dan anggota keluarganya harus menggunakan Access Control berupa finger print di pintu lift lantai 1 dan tangga darurat lantai 3 untuk menuju lantai 3 sampai 19.

    B. CCTV.
    Alat monitoring keamanan berupa CCTV ditempatkan di beberapa lokasi penting untuk memantau sistem keamanan dan dipantau dari ruang control yang terletak di dekat kolam renang. Petugas security yang berada di ruang control juga memantau aktifitas di kolam renang dengan selalu membawa alat komunikasi HT.

    C. Fire Hydrant.
    Disetiap lantai hunian disediakan fire hydrant dan APAR portable.

    BAB II. INFORMASI KEPENGELOLAAN dan KEPENGHUNIAN

     

    II.1. Pengelola Rumah Susun.

    Alamat Pengelola :

    PT BANGUN BUMI WALUYA

    Jl. Baros No. 57 Cimahi

    Telp : 022-88886999

    Fax : 022-88886999

    Organisasi Pengelola terdiri dari 5 (lima) departemen yang dipimpin oleh seorang Building Manager yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional The Edge Superblock. Secara singkat tugas dari masing-masing departemen adalah sebagai berikut :
    Departemen General Affair dan Tenant Relation, bertugas sebagai penghubung antara penghuni dan kantor pengelola serta urusan administrasi pengelola.
    Departemen Finance dan Accounting mengurus segala permasalahan yang berhubungan dengan keuangan dan accounting termasuk diantaranya pembuatan tagihan-tagihan, penerimaan pembayaran serta mengadakan pembukuan yang baik.
    Departemen Engineering, bertanggung jawab atas semua aspek keteknikan yang memastikan bahwa seluruh peralatan yang ada di dalam The Edge Superblock beroperasi dengan baik serta aman bagi seluruh penghuni.
    Departemen House Keeping, bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan serta kenyamanan di dalam lingkungan The Edge Superblock.
    Departemen Security, bertanggung jawab atas aspek keamanan didalam lingkungan The Edge Superblock secara umum.

    Jam Kerja Pengelola Rumah Susun

    Senin s/d Jum'at : 08.30 WIB – 16.30 WIB

    Sabtu : 08.30 WIB – 14.30 WIB

    Tehnik & Keamanan : 24 Jam.
    Bagian Customer Service :

    Senin s/d Jum'at : 08.30 WIB – 19.00 WIB

    Sabtu : 08.30 WIB – 16.00 WIB

    Minggu : 10.00 WIB – 16.00 WIB

     

    II.2. Data Penghuni.

    Penghuni Rumah Susun bertanggung jawab penuh atas anggota keluarganya termasuk sanak saudara, pengasuh anak, pembantu, supir dan sebagainya, serta bertanggung jawab atas segala tindakan dan tagihan yang timbul.

    Para penghuni harus menyerahkan daftar para anggota keluarganya termasuk karyawan penghuni (pengasuh anak, pembantu, supir dan sebagainya) kepada Pengelola Rumah Susun untuk dibuatkan Kartu Identitas Rumah Susun The Edge Superblock. Khususnya untuk karyawan penghuni jika berhenti bekerja, penghuni berkewajiban memberitahukan secara tertulis ke bagian Keamanan/Pengelola Rumah Susun.

    II.3. Cara Mengajukan Keluhan dan Saran.

    Keluhan dan Saran dapat disampaikan kepada Pengelola Rumah Susun atau Customer Service di Management Office The Edge Superblock yang terletak di Kantor Badan Pengelola Tower A Lantai 2.

    II.4. Jika Unit Rumah Susun Disewakan.

    Jika pemilik menyewakan Rumah Susunnya, maka dianggap pemilik telah menyerahkan semua haknya untuk menggunakan Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama kepada Penyewa dan Pemilik tidak lagi berhak untuk menggunakan Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama tersebut selama periode sewa berlangsung, kecuali atas undangan Penyewa dengan mentaati tata tertib yang berlaku. Pemilik/Penyewa harus mengisi formulir yang berisikan hak dan kewajiban yang dialihkan kepada penyewanya.
    Pemilik Rumah Susun bertanggung jawab atas segala tagihan, biaya dan kewajiban lain atas unit Rumah Susun yang disewakan ataupun dihuni oleh pihak lain.
    Setiap perjanjian sewa menyewa harus dilaporkan kepada Pengelola Rumah Susun.
    Untuk kenyamanan, keamanan, dan ketertiban umum serta memudahkan pencatatan adimistrasi pengelola Building masa jangka waktu sewa minimal 3 bulan.

    II.5. Jika Terjadi Kehilangan.

    Laporkan segala bentuk kehilangan/kemalingan pada petugas keamanan untuk diadakan penyelidikan internal. Bilamana perlu, petugas keamanan akan melaporkan kepada kepolisian setempat dan jangan memegang atau memindahkan barang apapun sebelum ada pemeriksaan dari pihak kepolisian.
    Petugas Keamanan akan melarang orang-orang yang tidak berkepentingan memasuki lokasi kejadian.
    Penghuni lain yang menyaksikan hal-hal yang dapat membantu penyelidikan Polisi diharap melaporkan kepada ke:

    - Pengelola Rumah Susun/Kepala Security/POSKO Security di nomor telp : 022-88887000

    - Kepolisian - Polsek Cimahi Selatan di nomor telp: 022-6047578 atau 1120

    21) 751 368

    II.6. Jika Terjadi Kerusakan/Kecelakaan/Kebakaran.

    A. Kerusakan

    1. Tindakan awal yang perlu dilakukan apabila terjadi kerusakan pada instalasi listrik dan air: Matikan supply air atau listrik yang terdekat ke arah kerusakan listrik atau kebocoran air. Usahakan untuk mengganti, menambal atau memperbaiki kerusakan atau kebocoran yang terjadi. Jika hal tersebut tidak dapat ditangani, segera hubungi Pengelola Rumah Susun.

    2. Terputusnya aliran listrik/MCB (sekering) turun, segera laporkan ke Pengelola Rumah Susun.

    3. Mati/tidak berfungsi Bell/Intercom, segera laporkan ke Pengelola Rumah Susun.

    4. Semua lift mempergunakan Automatic Leveling Control (ALC), yang akan bekerja beberapa saat setelah listrik padam, akan ada tenggang waktu dimana lift dan lampu lift akan mati sebelum ALC bekerja. ALC akan menjalankan lift sampai pada lantai yang terdekat dan selanjutnya pintu lift akan terbuka secara automatis.
    Apabila terjadi kemacetan pada system ALC ini, penumpang dapat menekan tombol ALARM atau menggunakan intercom yang ada didalam unit lift tersebut untuk berbicara dengan petugas di ruang kontrol. Pada saat terjadi kebakaran dan General Alarm berbunyi, lift akan turun sampai ke Upper Ground Floor dan pintu akan membuka secara automatis. Dengan ditandainya bunyi General Alarm, Penghuni dilarang menggunakan lift, harus melalui tangga darurat yang terdekat.

    b. Kecelakaan/Kematian.

    1. Laporkan ke Pengelola Rumah Susun, jika diluar jam kerja dapat dilaporkan langsung kepada Posko Keamanan (Security).

    2. Dapat menghubungi langsung pihak Dokter, Rumah Sakit atau Ambulans.

    3. Pengelola Rumah Susun hanya menyediakan obat-obat untuk kecelakaan ringan di Posko Keamanan (Security).

    4. Pengelola Rumah Susun tidak menyediakan mobil khusus untuk mengangkut korban ke Rumah Sakit.

    c. Keadaan Darurat.

    Penanganan Keadaan Darurat dapat dibaca/dijelaskan secara terperinci di dalam Buku Prosedur – Prosedur Darurat/Emergency Procedures. Yang termasuk dalam keadaan darurat adalah:

    Kebakaran.
    Huru – hara.
    Ancaman BOM.
    Gempa Bumi.

    Kebakaran di dalam unit Rumah Susun adalah tanggung jawab penghuni dan untuk itu disarankan kepada Pemilik/Penghuni untuk mengasuransikan isi unit Rumah Susunnya secara all risk.

    Sedangkan Asuransi untuk bangunan (property all risk & public liability) dibebankan kepada masing-masing Pemilik/Penghuni secara proporsional berdasarkan NPP (Nilai perbandingan Proporsional) dan pembayarannya melalui Pengelola Rumah Susun.

     

    II.7. Asuransi.

    Disarankan kepada Pemilik/Penghuni untuk mengasuransikan isi unit Rumah Susunnya secara all risk.

    Sedangkan asuransi untuk bangunan (property all risk and public lialibity) merupakan biaya Pengelola, dimana untuk pembayaran asuransi tersebut diambil dari pembayaran service charge Penghuni.

    II.8. Untuk Keamanan Penghuni.

    Demi keamanan seluruh penghuni dan kepentingan sendiri perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

    a. Mengunci pintu sebelum bepergian, kunci pintu-pintu ruangan yang perlu, diperiksa dengan seksama dan jangan lupa membawa kunci tersebut.

    b. Tidak diperkenankan menitipkan kunci–kunci unit Rumah Susun baik kepada petugas keamanan, Pengelola Rumah Susun maupun Customer Service.

    c. Matikan api, lampu, air, kompor gas termasuk aliran gas sebelum meninggalkan unit Rumah Susun dalam keadaan kosong, periksalah dengan seksama.

    d. Penghuni harus melaporkan kepada Pengelola Rumah Susun/Posko Keamanan (Security) mengenai rencana bepergian/meninggalkan unit Rumah Susun menjadi kosong (lebih dari 1X24 jam).

    e. Jika penghuni kehilangan kunci atas Unit Rumah Susunnya, segera melaporkan ke Pengelola Rumah Susun.

    f. Anak-anak dibawah 12 tahun setiap saat harus didampingi oleh orang dewasa pada waktu menggunakan public area (seperti jalan mobil, lift, tangga, koridor, area parkir, dll) dan fasilitas rekreasi.

    g. Jika penghuni melihat orang yang mencurigakan, segera laporkan ke Petugas Keamanan atau Pengelola Rumah Susun.

    h. Setiap tamu yang datang dan akan menginap lebih dari 1X24 jam, maka tamu tersebut harus dilaporkan ke Pengelola Rumah Susun dengan mengisi buku tamu dan meninggalkan kartu identitas.

    i. Petugas keamanan berhak menanyakan identitas tamu yang datang atau seseorang yang tidak dikenal dengan alasan penjagaan keamanan.

    j. Parkirlah kendaraan sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan, kuncilah pintu dan jendela mobil, periksalah dengan seksama. Bila petugas keamanan menemukan mobil yang tidak terkunci, akan dilaporkan kepada penghuni agar segera menguncinya (tidak ada reserve parking).

    II.9. Pemeliharaan dan Perbaikan.

    a. Pemeliharaan dan perbaikan didalam unit Rumah Susun menjadi tugas dan tanggung jawab Pemilik/Penghuninya termasuk instalasi unit tersebut sampai ke pipa shaft dan akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan tersebut pada unit dibawah diatas atau disebelah kiri kanannya.

    b. Pemeliharaan dan perbaikan dari Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama dilaksanakan oleh Pengelola Rumah Susun.

    c. Pemilik/Penghuni harus mengizinkan Pengelola Rumah Susun untuk memasuki unit Rumah Susun dan melaksanakan :

    Perbaikan.
    Pengecekan kerusakan (memeriksa kerusakan).
    Tindakan pengecekan yang dianggap perlu oleh Badan Pengelola Rumah Susun.

    II.10. Tagihan dan Pembayaran.

    a. Service Charge adalah biaya yang harus dibayar oleh penghuni/pemilik kepada pengelola Rumah Susun The Edge Superblock yang akan digunakan untuk :

    Operasional dan pemeliharaan Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama (Kebersihan, Keamanan, Listrik, Air, Material/Suku Cadang, Bahan Bakar, dll).
    Imbalan Jasa (gaji dan tunjangan) seluruh staff dan karyawan Pengelola Rumah Susun.
    Operasional kantor.
    Pajak-pajak kecuali PBB.
    Izin-izin yang menyangkut Bagian Bersama, Benda bersama dan Tanah Bersama.
    Konsultan-konsultan.

    Tarif Service Charge per m2 perbulan ditentukan oleh Pengelola Rumah Susun.

    Besar tagihan Service Charge yang harus dibayar untuk setiap unit Rumah Susun adalah sebanding dengan luas semigross lantai yang dimiliki oleh masing-masing unit Rumah Susun yang bersangkutan.

    c. Pembayaran Service Charge harus tepat waktu serta tepat jumlah, sebab ketertiban pembayaran service charge secara tepat jumlah dan tepat waktu akan sangat mempengaruhi kelancaran operasional pihak Pengelola The Edge Superblock.

    d. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

    Para Pemilik/Penghuni Rumah Susun The Edge Superblock wajib untuk membayar dan melunasi PBB langsung ke kantor Pajak yang telah ditunjuk.

    e. Sinking Fund (Dana Cadangan).

    Sinking Fund (Dana Cadangan) merupakan tabungan yang dipergunakan untuk perbaikan - perbaikan besar/renovasi dan penggantian peralatan mekanikal dan elektrikal bangunan yang sudah tidak layak pakai/aus/rusak akibat pemakaian yang disarankan sesuai umur pakainya sebagai contoh : pengecatan ulang bangunan, lift, genset, pipa-pipa, peralatan komunikasi, atau yang berkaitan dengan penyempurnaan gedung atau fasilitas, dll.

    Pembayaran.

    Tagihan (Invoice) untuk :

    Service Charge
    Sinking Fund
    Listrik dan Air

    Akan dikirim paling lambat:

    1. Tanggal 7 setiap bulannya.

    Tagihan (Invoice) akan dikirim oleh kurir bagi yang bertempat tinggal di Rumah Susun The Edge Superblock atau dikirim dengan pos, jika sampai dengan tanggal 10, Pemilik / Penghuni belum menerima tagihan (invoice). Pemilik/Penghuni dapat menanyakan ke kantor Pengelola Rumah Susun kepada bagian Finance di telp. No. 88886999.

    2. Tanggal 15 :

    Batas tanggal terakhir pembayaran/penyetoran Service Charge, Sinking Fund, Listrik, Air dan lain-lain.

    3. Tanggal 16 :

    Denda atas keterlambatan pembayaran/penyetoran mulai berlaku sebesar 1 % perhari dari tagihan.

    4. 1 (satu) bulan :

    Bila salah satu pembayaran/penyetoran baik Service Charge, Sinking Fund, Listrik, Air dan lain-lain belum dilakukan, maka Pengelola Rumah Susun dapat memutuskan aliran listrik dan air ke unit Rumah Susun. Dengan pemberitahuan sebelumnya secara tertulis dengan tenggang waktu maksimal 7 (tujuh) hari sejak dikirim.

    g. Pembayaran harus dilakukan secara sekaligus.

    h. Jika terjadi kesalahan atas tagihan (invoice), harus tetap dibayar, kesalahannya akan diperhitungkan untuk bulan berikutnya.

    i. Untuk pembayaran Service Charge yang dibayar dimuka untuk jangka waktu 12 bulan mendapat discount yang besarnya sesuai kebijakan dari Pengelola Rumah Susun.

    j. Listrik.

    Pembacaan meteran listrik dilakukan oleh Petugas Pengelola Rumah Susun. Pencatatan dilakukan antara tanggal 25 sampai dengan tanggal 26 bulan berjalan untuk tower A dan tanggal 27 sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan untuk tower B setiap bulannya.
    Kerusakan segel meteran listrik harus segera dilaporkan ke Pengelola Rumah Susun. Pemakaian listrik yang tidak melewati meteran (pencurian listrik) akan didenda. Besar denda ditentukan oleh Pengelola Rumah Susun.
    Besar tagihan listrik disesuaikan dengan tarif listrik dan retribusi PLN yang berlaku.
    Besar tagihan dihitung dan disesuaikan dengan golongan tarif R3/1, yaitu:

    Bea Beban + Bea Pemakaian + 3% untuk PPJ/PPJU + 10% untuk Administrasi.

     

     

    k. Air.

    Pembacaan meter air dilakukan oleh Petugas Pengelola Rumah Susun, Pencatatan dilakukan antara tanggal 25 sampai dengan tanggal 26 bulan berjalan untuk tower A.
    Besar tagihan Air :

    1. Bea Beban + Bea pemakaian + Biaya Perawatan + Administrasi 15%.

    2. Besar tarif pemakaian air/m3 dan retribusinya disesuaikan dengan besar/kenaikan tarif dan retribusi PDAM yang berlaku.

    Catatan:

    Apabila Pemilik/Penghuni mengalihkan penghunian Unit Rumah Susun kepada pihak lain, maka segala tagihan yang muncul atas Unit Rumah Susun, pemilik tetap bertanggung jawab atas segala tagihan tersebut.

    Pembayaran service charge diatas dimulai sejak tanggal serah terima satuan unit rumah susun.

    BAB III

    KETENTUAN, PERATURAN DAN TATA TERTIB

    III.1. Ketentuan Umum Penggunaan Unit Rumah Susun.

    Hanya diperuntukkan/penggunaannya sebagai tempat tinggal.
    Pemilik/Penghuni wajib menyalakan lampu bagian luar Hunian setiap malam sejak pukul 18.00 sampai dengan 06.00 WIB.
    Hal-hal yang tidak boleh dilakukan :

    Menggunakan Unit Rumah Susun untuk aktifitas yang dapat menimbulkan gangguan atau bahaya kepada Pemilik/Penghuni yang lain (menimbulkan complaint dari Tetangga/Penghuni yang lain).
    Menggunakan Unit Rumah Susun untuk tujuan atau hal-hal yang bertentangan dengan kesusilaan, norma-norma agama, adat-istiadat atau peraturan perundangan yang berlaku antara lain : judi, penggunaan dan penyaluran narkoba, dll.
    Menggunakan Unit Rumah Susun yang dapat merugikan kepentingan bersama.
    Menggunakan Unit Rumah Susun sebagai tempat segala jenis usaha dalam bentuk apapun atau mengizinkan orang yang berusaha di salah satu ruangan Unit Rumah Susun.
    Membawa atau memasukkan barang dan meletakkan peralatan, mesin, kabinet, brankas atau benda-benda berat yang beratnya melebihi 150 kg/m2 atau yang menurut pertimbangan Pengelola Rumah Susun benda-benda tersebut dapat mengakibatkan kerusakan struktural, kerusakan lainnya atau membahayakan penghuni lainnya.
    Untuk pemasangan paku pada dinding di dalam hunian agar dilaporkan kepada Pengelola, agar posisi pemasangan paku tidak diposisi jalur pipa air dan instalasi kabel listrik.

    III.2. Ketentuan Penggunaan Bagian/Benda/Tanah Bersama.

    Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama digunakan oleh Pemilik/Penghuni sedemikian rupa sehingga tidak saling mengganggu kepentingan atau kenyamanan, kenikmatan penghuni lainnya.
    Pemilik/Penghuni harus menjaga kebersihan dan keutuhan lingkungan pada Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama dan harus menanggung biaya perbaikan/penggantian atas kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian Pemilik/Penghuni.
    Pemilik/Penghuni/siapapun dilarang untuk membawa/mengambil/ menggunakan Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama kecuali dengan izin tertulis dari Pengelola Rumah Susun. Semua biaya yang dikeluarkan oleh Pengelola Rumah Susun untuk mengembalikan ke kondisi semula akan menjadi beban Pemilik/Penghuni.
    Bagian/Benda/Tanah Bersama hanya dipergunakan sesuai dengan peruntukkannya untuk kepentingan bersama dan tidak boleh dimonopoli sebagian atau seluruhnya untuk kepentingan pribadi.

    III.3. Ketentuan Umum Mengenai Pertamanan.

    Hal-hal yang tidak diperbolehkan untuk Bagian/Tanah Bersama :

    Memindahkan / mengambil / menanam / merusak halaman rumput, taman, pohon-pohon, semak-semak, tanaman atau bunga yang menjadi Benda Bersama atau menggunakan taman pada Tanah Bersama untuk tujuan pribadi.
    Merusak daerah yang berumput, jalan setapak atau bagian dari Benda Bersama atau Tanah Bersama karena penggunaan kendaraan, mesin-mesin atau peralatan dan jika terjadi kerusakan menjadi tanggung jawab/beban penghuni.
    Menitipkan, menyimpan tanaman-tanaman atau pot-pot tanaman pribadi di daerah Tanah Bersama.

    Hal-hal yang tidak diperbolehkan untuk Unit Rumah Susun :

    Meletakkan tanaman yang terlalu besar di balkon, sehingga merusak / mengganggu penghuni lainnya.
    Meletakkan tanaman terlalu banyak yang merusak pemandangan, keserasian secara keseluruhan.
    Menanam tanaman yang dilarang oleh pihak yang berwajib.
    Tidak membuang tanaman yang telah mati, sehingga merusak pemandangan.

    III.4. Ketentuan Umum Penggunaan Balkon.

    Untuk keamanan, keselamatan dan keindahan Rumah Susun secara bersama Penghuni/Pemilik tidak diperbolehkan :

    Menempatkan benda-benda di tepi railing balkon, yang jika jatuh dapat mengakibatkan cedera badan terhadap orang-orang yang berada dibawahnya/dapat mengakibatkan kerusakan pada gedung.
    Menggantung cucian, handuk, sprei, pakaian, jemuran atau benda-benda lain pada balkon yang dapat terlihat dari luar.
    Pengelola Rumah Susun berhak untuk menegur dan melarang Pemilik/Penghuni, jika Pemilik/Penghuni menempatkan sesuatu yang dianggap berbahaya atau merusak pandangan.
    Merubah (menambah, mengurangi) balkon Unit Rumah Susun yang sudah ada.
    Pemasangan railing di balkon dapat mengajukan tertulis kepada pihak pengelola Rumah Susun dan biaya yang timbul menjadi tanggung jawab pemilik/penghuni unit Rumah Susun. (Disain ditentukan oleh Pengelola)

    III.5. Ketentuan Umum Penggunaan Lobby dan Koridor.

    Pemilik/Penghuni tidak diperbolehkan untuk :

    Menggunakan trotoar, jalan setapak, lobby, tangga dan koridor untuk kepentingan yang dapat menimbulkan kerusakan pada lantai seperti penggunaan sepeda, sepatu roda, noda makanan/minuman dan lain-lain.
    Membuang, menyimpan atau meletakkan barang-barang pribadi apapun di area lobby dan koridor.
    Makan dan minum di ruang lobby/koridor.
    Memasang gambar/lukisan, benda-benda seni, tanda-tanda reklame di ruang lobby/koridor tanpa seizin dari Pengelola Rumah Susun.
    Mempergunakan ruangan loby/koridor sebagai tempat bermain.
    Merubah (manambah/mengurangi) bentuk dan warna cat pintu masuk utama dan pintu service, jendela-jendela, pada bagian luar baik yang menghadap keluar maupun yang menghadap ke koridor dari standar bentuk, warna dan finishing. Hal ini akan berpengaruh terhadap keseragaman tampak atau interior koridor.
    Meletakkan barang-barang pada koridor dan tangga darurat, karena merupakan jalan darurat dalam hal terjadi kebakaran.
    Melakukan permainan bola dan lempar-lemparan kecuali di area bermain anak disamping kolam renang.
    Berkumpul/mengobrol di ruang lobby/koridor.

    III.6. Ketentuan Umum Penggunaan Perlengkapan Pemadam Kebakaran.

    Pengelola Rumah Susun telah memasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap koridor dan area bersama lainnya.
    Untuk setiap unit Unit Rumah Susun Pemilik/Penghuni harus menyediakan satu APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang jenisnya POWDER.
    APAR hanya dipergunakan jika dianggap perlu, dan tidak diperkenankan untuk dicoba pada sembarang waktu.
    APAR yang telah dipergunakan, harus diisi kembali dan segala biayanya menjadi tanggungan Pemilik/Penghuni.
    Jika isi di dalam APAR tersebut sudah kadaluarsa atau tekanannya dibawah standard, Pemilik/Penghuni berkewajiban mengisi ulang kembali dan segala biayanya menjadi tanggungan penghuni. Segala akibat yang ditimbulkan karena kelalaian tersebut menjadi tanggung jawab dari Pemilik/Penghuni.

    III.7. Ketentuan Umum Mengeluarkan/Memasukkan Barang.

    Setiap barang yang akan dibawa keluar dari Rumah Susun harus dilengkapi surat jalan dari Pemilik/Penghuni dan asli disimpan oleh Pengelola Rumah Susun.
    Pemasukan/pengeluaran barang harus selalu dilaporkan ke pos security terlebih dahulu atau dapat juga diberitahukan secara tertulis sebelumnya kepada Pengelola Rumah Susun.
    Pemasukan/pengeluaran barang hanya dapat dilakukan pada hari-hari kerja mulai dari jam 09.00 s/d 16.00 WIB untuk hari Senin s/d Jum'at, kecuali hari Sabtu dari jam 09.00 s/d 12.00 WIB, kecuali mendapat ijin khusus dari Pengelola Rumah Susun.
    Pemasukan/pengeluaran barang harus melalui lift barang dari lantai dasar.

    III.8. Peraturan dan Tata Tertib Perparkiran.

    Pemilik/Penghuni hanya akan diberikan stiker yang dikeluarkan oleh Pengelola Rumah Susun.
    Stiker yang diberikan tertera nomor mobil, harus ditempelkan di kaca mobil pada bagian pengemudi dan tidak dapat dipergunakan atau dipindahkan untuk mobil yang lain, tanpa seijin Pengelola Rumah Susun.
    Hanya kendaraan/mobil Pemilik/Penghuni yang berstiker yang diperkenankan untuk parkir menginap di tempat parkir The Edge Superblock dan lokasi untuk kendaraan/Mobil yaitu di halaman dan Gedung Parkir.
    Dilarang memarkir atau meninggalkan mobil atau kendaraan lain sedemikian rupa sehingga menghalangi jalan kendaraan lain.
    Kehilangan stiker parkir dapat diganti dengan mengisi berita acara kehilangan dan membayar biaya Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per stiker.
    Kerusakan stiker parkir dapat memperoleh pengganti stiker baru dengan mengembalikan stiker yang rusak maksimal 2 (dua) kali penggantian, bila lebih dari 2 (dua) kali dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per stiker.
    Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan di atas dapat dikenakan sanksi pemasangan rantai pada roda mobil. Pemilik mobil harus melapor pada petugas keamanan untuk melepas rantai. Jika pemilik mobil melakukan 2 (dua) kali pelanggaran, Pengelola Rumah Susun berhak menderek mobil tersebut keluar areal Rumah Susun The Edge Superblock dan segala kehilangan, kerusakan dan akibat lainnya bukanlah menjadi tanggung jawab Pengelola Rumah Susun.
    Masa berlaku stiker hanya 1 (satu) tahun dan setiap awal tahun akan ada pergantian stiker.
    Kendaraan tamu tidak diperbolehkan memasuki tempat parkir Penghuni/Pengguna Gedung.

    III.9. Peraturan dan Tata Tertib Kebersihan.

    Petugas kebersihan Pengelola hanya melakukan perawatan kebersihan di publik area (koridor, toilet bersama, tempat parkir, halaman, taman, lift, tangga darurat).
    Penghuni harus menjaga kebersihan, kerapihan serta keindahan dari Unit Rumah Susunnya dan seluruh Bagian Bersama dari Rumah Susun The Edge Superblock, walaupun belum dihuni dengan beban sendiri.
    Harus membuang sampah pada tempatnya.
    Dilarang mengecat, menempel sesuatu, mencoret-coret, menulis atau membuang benda di lingkungan Rumah Susun The Edge Superblock.
    Dilarang merokok dan makan di dalam lift, di dalam kolam renang, ditepi kolam renang, maupun di daerah dengan tanda dilarang merokok.
    Dilarang buang puntung rokok sembarangan.
    Membuang abu rokok pada asbak atau tempat abu rokok yang telah disediakan.
    Penghuni dilarang menggunakan Porstek dan zat-zat kimia yang terlalu keras dalam perawatan kebersihan di kamar mandi hunian. Hal ini berhubung The Edge Superblock menggunakan Bio Septick Tank. (Zat pembersih yang dianjurkan dapat menghubungi pengelola)

    III.10. Peraturan dan Tata Tertib Pembuangan Sampah.

    Penghuni harus menjaga Unit Rumah Susunnya agar sisa-sisa makanan, sampah, tissue dan lain-lain tidak masuk ke dalam lubang bak pencuci piring, floor drain kamar mandi, saluran kloset dan saluran-saluran lainnya yang dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran. Segala biaya untuk membersihkan, memperlancar atau memperbaiki saluran tersebut menjadi tanggungan Pemilik/Penghuni.
    Pemilik/Penghuni harus memasukkan sampah pada kantong plastik yang baik, ditutup/diikat rapat sehingga rapi, tidak bocor dan tidak terurai. Sampah tersebut harus langsung dibuang di tempat yang telah ditentukan di penampungan / (shaft sampah) sementara setiap lantainya.
    Pemilik/Penghuni dilarang keras membuang apapun ke bawah dari jendela atau balkon unit Unit Rumah Susunnya atau pada Bagian Bersama.
    Jika ingin membuang sampah atau barang-barang yang cukup besar, diharuskan untuk memberitahu kepada Pengelola Rumah Susun terlebih dahulu. Agar dapat diatur waktu pembuangannnya dan biaya yang harus dibayar oleh Pemilik/Penghuni.

    Sampah rumah tangga akan diambil dari tempat penampungan sementara 2 (dua) kali dalam 1 (satu) hari yaitu pada :

    Jam 08.00 s/d 11.00 WIB
    Jam 19.00 s/d 21.00 WIB

    III.11. Peraturan dan Tata Tertib Penyimpanan Barang.

    Segala jenis barang yang masih baik atau rusak dilarang disimpan atau dititipkan dengan alasan apapun baik di tempat yang terlihat atau di tempat tersembunyi di luar Unit Rumah Susun atau ruang lainnya pada Bagian Bersama.
    Jika barang ditinggal/disimpan di luar Unit Rumah Susun, Pengelola Rumah Susun akan memperingatkan melalui surat kepada pemilik barang tersebut sebanyak 1 (satu) kali dengan tenggang waktu 2 x 24 jam, jika tidak ada jawaban (respond) maka Pengelola Rumah Susun berhak untuk memindahkan barang tersebut. Segala biaya yang dikeluarkan unutk memindahkan barang tersebut menjadi tanggungan pemilik barang.

    III.12. Peraturan dan Tata Tertib Menggunakan Lift.

    Kapasitas masing-masing Lift adalah maximum 15 orang/1000 kg.
    Tersedia 4 (empat) unit lift penumpang yang beroperasi dari lantai dasar s/d lantai 20 di Tower A yang penggunaannya khusus untuk Pemilik/Penghuni dan tamunya, serta orang-orang lain yang berhak.
    Anak-anak di bawah umur 12 tahun harus bersama orang dewasa bila menggunakan lift.
    Untuk keperluan membawa barang-barang yang berat (diatas 150 kg), bahan-bahan renovasi, furniture, dll harus mendapatkan persetujuan dari Pengelola Rumah Susun dan disupervisi oleh petugas Pengelola Rumah Susun dan harus berdasarkan jadwal serta ijin yang diatur oleh Pengelola Rumah Susun.
    Pada jam-jam tertentu, lift akan dibersihkan. Diharapkan Pemilik/Penghuni dapat menggunakan lift yang lainnya. Demikian pula bila lift sedang diservice dan dalam perbaikan.
    Penghuni atau tamunya yang sengaja merusak atau menyebabkan rusaknya sebagian atau seluruh bagian lift yang bersangkutan, maka akan dituntut pertanggungjawaban dari Pemilik/Penghuni/pelakunya.

    Catatan :

    Pemilik/Penghuni dilarang menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar, bahan kimia yang berbahaya, bahan peledak/mudah meledak yang dapat mengancam keselamatan bersama dan menimbulkan bahaya kebakaran.
    Pemilik/Penghuni tidak diijinkan membawa atau memelihara atau mengijinkan tamunya untuk membawa binatang peliharaan kedalam unit huniannya atau kedalam bagian bersama kecuali ikan hias.

    BAB IV

    TATA CARA DAN ATURAN PENGGUNAAN

    FASILITAS REKREASI DAN RUANG RAPAT

    Sarana-sarana/fasilitas di bawah ini adalah fasilitas rekreasi yang ada di dalam Rumah Susun The Edge Superblock (lihat Bab I.3).
    Fasilitas rekreasi adalah penggunaan ekslusif untuk Pemilik/Penghuni dan tamu-tamunya. Tamu-tamu hanya dapat menggunakan fasilitas atas undangan Pemilik/Penghuni dan Pemilik/Penghuni bertanggung jawab bahwa tamu-tamu mereka memenuhi tata tertib/peraturan yang ada.
    Baik Pemilik/Penghuni maupun tamunya harus mengenakan pakaian yang sopan ketika menggunakan fasilitas rekreasi.
    Tidak diijinkan membawa/menggunakan :
    Radio, tape recorder, televisi, dll.
    Atau melakukan aktifitas yang menyebabkan keributan, gangguan atau hal yang dapat mencelakakan pemakai atau kerusakan atas peralatan dan instalasi.
    Segala kerusakan atas fasilitas atau peralatan yang akan digunakan harus segera dilaporkan pada petugas keamanan atau petugas jaga.
    Pengelola Rumah Susun tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerusakan barang milik pribadi, cedera atau kematian yang diakibatkan karena kecelakaan, kecerobohan, atau kelalaian dari orang yang bersangkutan.
    Seorang yang melanggar tata tertib yang tercantum dalam peraturan tata tertib pemakaian fasilitas rekreasi dapat segera diperintahkan untuk meninggalkan wilayah rekreasi.
    Fasilitas-fasilitas tersebut tidak dapat digunakan oleh Pemilik/Penghuni untuk kegiatan yang berhubungan dengan SARA.
    Pemilik/penghuni dapat membawa tamu (dewasa/anak-anak) selama tidak mengganggu Pemilik/Penghuni lain dan tidak menjadi suatu rutinitas, pelanggaran terhadap aturan tersebut akan diberikan teguran oleh Pengelola Rumah Susun.

    IV.1. Peraturan dan Tata Tertib Kolam Renang

    Kolam renang dibuka mulai jam 06.00 s/d 21.00 WIB setiap hari kecuali hari-hari dimana fasilitas-fasilitas tersebut ditutup untuk pembersihan dan pemeliharaan.
    Kolam renang dapat digunakan secara gratis oleh Pemilik/Penghuni dan tamu-tamunya (tidak lebih dari 5 orang) dengan resiko seluruhnya ditanggung oleh mereka. Pengelola Rumah Susun tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kerusakan barang-barang milik pribadi atau cedera atau kematian yang diakibatkan karena kecelakaan, kecerobohan atau kelalaian atau sebab-sebab apapun yang menyebabkan timbulnya hal-hal tersebut.
    Penghuni dan tamunya diminta dengan sangat untuk mengambil tindakan-tindakan pencegahan yang diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika mempergunakan kolam renang.
    Dilarang membuat keributan atau kegaduhan di daerah kolam renang.
    Hindarilah permainan yang berbahaya di kolam renang.
    Bagi para pembantu/baby sitter dilarang untuk menggunakan kolam renang kecuali mendampingi penghuni/anggota keluarganya.
    Dilarang merokok atau makan dan minum sepanjang tepi kolam renang.
    Dilarang membuang/meninggalkan sampah di sembarang tempat.
    Dilarang membuang kotoran apapun ke dalam kolam renang maupun di daerah sekitarnya.
    Dilarang mengadakan barbeque atau suatu keperluan pribadi yang diadakan di daerah sekitar kolam renang tanpa seizin Pengelola Rumah Susun.
    Penjaga yang sedang bertugas di sarana kolam renang mempunyai wewenang untuk menegur dan melarang setiap orang yang tidak bertempat tinggal di Unit Rumah Susun kecuali atas undangan Pemilik/Penghuni untuk menggunakan fasilitas kolam renang.
    Anak-anak yang berusia 12 (dua belas) tahun ke bawah tidak diizinkan berada di wilayah kolam renang kecuali bersama dengan orang dewasa yang bertanggung jawab atas tingkah laku dan keselamatan anak-anak mereka.
    Papan luncur, peralatan menyelam atau barang-barang yang sejenis lainnya tidak diizinkan di dalam kolam renang.
    Setiap orang harus membilas badan terlebih dahulu sebelum memasuki kolam renang. Seseorang yang memiliki infeksi atau menderita penyakit menular tidak diperkenankan untuk menggunakan kolam renang. Dilarang meludah, menyembur, mengeluarkan dahak, mengeluarkan ingus, buang air kecil, buang air besar dan sejenisnya di dalam kolam renang atau dipinggir kolam.
    Peralatan keselamatan yang disediakan di sekitar kolam renang dilarang untuk dipindahkan dari tempatnya. Penyalahgunaan atas mebel di wilayah kolam renang adalah secara tegas dilarang. Tidak ada pemesanan atas kursi untuk berjemur dan mebel di wilayah kolam renang. Pada saat meninggalkan wilayah kolam renang, setiap orang diminta untuk mengumpulkan sampahnya dan membuangnya pada tempat yang disediakan.
    Semua orang harus mengeringkan dirinya sebelum meninggalkan wilayah kolam renang.
    Semua orang diminta untuk meninggalkan kolam renang selama hujan deras dan pada saat ada guntur/petir.

    IV.2. Peraturan dan Tata Tertib Fitness Studio Ruang Senam

    Ruang senam dibuka setiap hari untuk digunakan oleh Penghuni dan tamu-tamunya mulai jam 07.00 s/d 21.00 WIB.
    Pemesanan ruang senam dilakukan 1 minggu dimuka dan pemesanan peralatan tidak diperkenankan.
    Orang-orang yang menggunakan ruang senam harus mengenakan pakaian sebagaimana mestinya.
    Anak-anak berusia 12 (dua belas) tahun ke bawah tidak diperkenankan untuk memasuki dan menggunakan ruang senam dan peralatannya kecuali bila bersama orang dewasa.
    Tidak diizinkan untuk merokok di dalam ruang senam dan membuang sampah di sembarang tempat.
    Orang-orang yang menggunakan ruang senam diminta untuk membawa handuk sendiri.
    Tidak diperkenankan menggunakan ruangan fasilitas fitness untuk tiduran atau istirahat.
    Pemilik/Penghuni hanya dapat membawa paling banyak 2 (dua) orang tamu (dewasa atau anak-anak).
    Tidak diperkenankan membawa, meminjam dan memindahkan alat-alat yang terdapat di dalam ruang gym.
    Peralatan yang rusak akibat kesalahan dan kelalaian pemakai menjadi beban dan tanggung jawab yang bersangkutan.

     

    IV.2. Peraturan dan Tata Tertib Penggunaan Ruang Rapat

    Ruang rapat dapat digunakan oleh Penghuni untuk kepentingan bersama dan tidak dipungut biaya.
    Penghuni agar mengajukan terlebih dahulu untuk penggunaan ruang rapat.
    Penggunaan ruang rapat akan ditentukan jadwalnya oleh Pengelola.
    Pengelola mempunyai kewenangan penuh dalam pengaturan ruang rapat.

    BAB V

    PROSEDUR, PERSYARATAN dan PERATURAN RENOVASI

     

    V.1. Ketentuan Renovasi

    Pemilik/Penghuni harus memberitahukan kepada Pengelola Rumah Susun terlebih dahulu renovasi yang akan dilakukan.
    Pemilik/Penghuni harus mengajukan :

    Formulir Permohonan Ijin Renovasi yang telah ditandatangani
    Gambar rencana renovasi (antara lain : denah, potongan, tampak, dll)
    Fotocopy KTP penanggung jawab renovasi

    Pengelola Rumah Susun akan memberikan :

    Surat Ijin Renovasi apabila renovasi tersebut tidak mengganggu struktur bangunan, Tanah/Bagian/Benda Bersama atau tidak menyebabkan gangguan kepada Penghuni lain, dan tidak mengganggu/merusak jaringan listrik, pipa-pipa dan alat-alat pencegah kebakaran, serta tidak melanggar ketentuan Pihak yang berwenang (Dinas Pengawasan dan Pembangunan Kota, Departemen Pekerjaan Umum, dll).
    Kartu Pengenal untuk masing-masing anggota renovasi.
    Ijin Renovasi yang harus diletakkan di pintu unit Unit Rumah Susun yang akan direnovasi.
    Karyawan renovasi/kontraktor yang masuk ke dalam unit Unit Rumah Susun harus meninggalkan KTP untuk ditukar dengan kartu pengenal dengan menunjukkan surat Ijin Renovasi kepada pihak keamanan di Posko Keamanan (Security), serta harus memakai kartu pengenal selama masa renovasi. Karyawan renovasi/kontraktor yang tidak membawa surat ijin renovasi dan kartu pengenal tidak diijinkan masuk ke dalam Unit Rumah Susun.
    Ijin renovasi berlaku sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan dan jika pekerjaan belum selesai diwajibkan membuat perpanjangan ijin di Kantor Pengelola Rumah Susun.
    Pekerjaan renovasi dapat dilakukan hari Senin s/d Jum'at dari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB. Diluar jam dan hari tersebut harus seijin Pengelola Rumah Susun.
    Karyawan renovasi/kontraktor tidak diijinkan menginap di dalam lingkungan Rumah Susun.

    Setiap ijin yang diberikan oleh Pengelola Rumah Susun atas penambahan dan perubahan harus dilengkapi dengan suatu Surat Pernyataan dari Pemilik/Penghuni bahwa mereka akan bertanggung jawab penuh atas setiap dan seluruh kerusakan yang timbul dari pekerjaan tersebut.
    Pemilik/Penghuni dan Kontraktor berkewajiban untuk mengganti kerugian kepada Pengelola Rumah Susun terhadap tuntutan hukum atau gugatan yang muncul karena kelalaian Pemilik/Penghuni dan kontraktor dalam pelaksanaan renovasi.
    Pemilik/Penghuni/kontraktor harus menyerahkan kepada Pengelola Rumah Susun Schedule pelaksanaan pekerjaan tersebut. Pengelola Rumah Susun mempunyai wewenang untuk menghentikan semua pekerjaan yang melanggar ketentuan yang diijinkan dan membongkarnya. Biaya pembongkaran tersebut menjadi beban Pemilik/Penghuni.
    Sebagai jaminan untuk pertanggungjawaban atas segala kerusakan/kebocoran dll yang timbul akibat dari pekerjaan renovasi maupun menjamin kebersihan area publik disekitar lokasi dari puing-puing/material yang dibutuhkan untuk renovasi tersebut, maka Pemilik/Penghuni atau Kontraktornya harus membayar uang jaminan Renovasi sebesar Rp.2.000.000,- dan uang fasilitas sebesar Rp.1.000.000,-, sebelum ijin untuk bekerja diberikan. (Berlaku untuk pekerjaan renovasi, Perbaikan atau pengecatan ruangan).
    Uang jaminan akan dikembalikan tanpa bunga setelah seluruh syarat-syarat dan ketentuan dipenuhi, misalnya seluruh puing/material tidak ada yang tertinggal dan lokasi bersih, tidak ada kerusakan dan tidak ada keluhan dari penghuni lain.
    Untuk itu perlu pemberitahuan kepada Pengelola Rumah Susun, jika pekerjaan telah selesai dikerjakan agar dapat dilakukan pengecekan/pemeriksaan bersama-sama.
    Jika uang jaminan tersebut tidak mencukupi, maka Pemilik/Penghuni harus membayar kekurangan tersebut.

    V.2. Persyaratan Pelaksanaan

    Pemindahan puing-puing/sampah bangunan atau membawa material bangunan harus menggunakan karung goni atau kantong plastik dengan memakai Trolley/kereta yang rodanya dilapisi karet.
    Penggunaan lift untuk membawa bahan bangunan/puing dll harus sepengetahuan Pengelola Rumah Susun/Kepala Security, dan harus mempergunakan Lift barang.
    Penempatan Bahan-bahan bangunan dan puing sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan oleh Pengelola Rumah Susun. Bahan-bahan dari puing-puing harus diletakkan dengan rapi. Pasir dan sejenisnya di simpan di dalam peti kayu. Mengaduk semen harus dalam peti kayu. Pengelola Rumah Susun tidak bertanggung jawab atas keamanan bahan bangunan tersebut.
    Puing/sisa sampah bangunan harus dikeluarkan sendiri dari area Rumah Susun oleh kontraktor dan Pemilik/Penghuni atas biaya Pemilik/Penghuni.

    V.3. Perubahan/Pekerjaan Yang Tidak Diperbolehkan/Diijinkan

    Membuat perubahan pada jendela-jendela yang dipasang pada bagian luar dinding gedung misal Jendela, vertical blind, kaca film yang memantulkan cahaya, curtain atau hiasan jendela yang terlihat dari luar gedung harus di desain dengan warna yang menjaga keselarasan Rumah Susun The Edge Superblock. Pengelola Rumah Susun berhak meminta hiasan jendela yang tidak sesuai/tidak selaras untuk diganti oleh yang bersangkutan. Penentuan atas keselarasan tersebut adalah kebijaksanaan penuh dari Pengelola Rumah Susun.
    Menambah atau membuat perubahan pada bentuk, warna dan finishing Pintu Utama dan Pintu Service masing-masing unit, yang mengakibatkan ketidakseragaman tampak pada koridor dan lantai.
    Merubah atau mengganti tipe atau model handle pintu, anak kunci pintu dapat diganti/dirubah dengan harus melaporkan dan mendapat persetujuan Pengelola.
    Merubah kapasitas ukuran MCB.
    Melakukan suatu pekerjaan ataupun mendekor dalam bentuk/cara apapun yang dapat mempengaruhi tampak luar bangunan.
    Memotong/membobok balok-balok dan tiang-tiang beton.
    Membobok/menaikkan tinggi lantai, misalnya menambah tinggi lantai yang telah ada dengan tambahan panggung beton dan/atau panggung kayu.
    Memasang awning/alat pelindung cahaya matahari dan apapun yang berada di luar Unit Rumah Susun.
    Melakukan suatu penambahan terhadap saluran pembuangan yang telah ada.
    Membatas atau memblok saluran dan/atau pipa.
    Memasang terali besi pada bagian luar jendela atau balkon.
    Memindahkan pintu-pintu dan jendela-jendela.
    Memasang/merombak sesuatu di luar unit Unit Rumah Susun misalnya pada lobby bersama/koridor atau tangga.
    Mendirikan papan reklame, memasang iklan, plakat, pemberitahuan atau tulisan-tulisan lain pada bagian dalam yang terlihat dari luar atau bagian luar bangunan selain pada papan pengumuman yang dibuat khusus untuk hal tersebut.
    Menggunakan compressor, generator set dan alat las diesel.
    Meletakkan atau menempatkan benda atau apapun yang dapat menyebabkan pembebanan lantai sebesar 150 kg/m2. Segala kerusakan yang diakibatkan pada waktu mengangkut barang yang dilakukan oleh penghuni, menjadi tanggungan penghuni sepenuhnya.

    BAB VI

    FASILITAS dan PELAYANAN YANG ADA

    VI.1. Listrik.

    Supply tenaga listrik (PLN) dan Part Load Back Up Genset:

    Biaya pemakaian listrik pada tiap-tiap Unit Rumah Susun menjadi tanggungan masing-masing Penghuni.
    Dimungkinkan kepada Pemilik/Penghuni untuk menambah daya listrik dan dikenakan biaya tambah daya listrik.
    Biaya pemakaian listrik untuk Bagian/Benda/Tanah Bersama dibayar oleh Pengelola yang dananya dikumpulkan secara kolektif dari Pemilik/Penghuni (merupakan biaya Service Charge).
    Part Load Back Up Genset hanya difungsikan untuk penerangan lampu di area publik (koridor, lift, halaman/taman).

    VI.2. Telepon.

    Setiap unit Rumah Susun The Edge Superblock mendapatkan instalasi 1 (satu) sambungan telepon. (untuk aktivasi hub pengelola)
    Pemilik/Penghuni harus membayar tagihan teleponnya sendiri berdasarkan dengan ketentuan PT.TELKOM.
    Besar biaya pemakaian telepon dapat di check melalui nomor telepon 109 sesudah tanggal 5 tiap bulannya dan pembayaran tagihan telepon dapat dilakukan pada bank-bank tertentu yang telah on-line dengan sistem pembayaran telepon.

    VI.3. Free Televisi dan Televisi berlangganan

    Siaran televisi Lokal (Free Televisi) dapat dinikmati langsung melalui Outlet TV pada Unit Rumah Susun
    Siaran Televisi berlangganan dapat dilihat dengan menghubungi Pengelola Rumah Susun untuk Aktifasi.
    Pengelola tidak bertanggung jawab terhadap kualitas penerimaan kontinuitas siaran-siaran diatas.

    VI.4. Air Bersih dan Air Minum.

    Biaya pemakaian air dari tiap-tiap Unit Rumah Susun menjadi tanggungan masing-masing Pemilik/Penghuni.
    Pembacaan meter Air dilakukan oleh petugas Pengelola bila perlu bersama dengan Pemilik/Penghuni.

    VI.5 Tabung Gas dan Regulator

    Jenis Tabung gas, Regulator dan Selang yang diperbolehkan adalah standar Produk PT. PERTAMINA dengan label SNI dan Tabung yang dipergunakan ukuran12 Kg (/seijin Pengelola).
    Pengelola dapat membantu untuk menghubungi pihak pengadaan Tabung gas.

    VI.6 Kotak Pos

    Semua kiriman Pos dan Langganan penerbitan dimasukkan ke kotak pos masing-masing penghuni yang ditempatkan di Customer Service Pengelola atau di lobby lantai Pengelola setiap Tower. Semua Pemilik/Penghuni dapat mengambil kiriman pos dan langganan penerbitan di kotak pos dan harus memeriksa serta mengambil sendiri kiriman untuknya.

    VI.7 Tempat Sampah

    Disediakan tempat sampah di setiap lantai di depan pintu lift.

    Catatan:

    - Dilarang mengambil/memanfaatkan secara tidak sah atas nilai aliran listrik/sambungan listrik, air bersih (PAM), saluran telepon pribadi maupun saluran telepon umum.

    BAB VII

    HAL KEPENTINGAN BERSAMA / HIDUP BERTETANGGA

    VII.1. Pemeliharaan Rumah Susun.

    Pemilik/Penghuni harus memelihara Unit Rumah Susunnya termasuk semua peralatan, pipa-pipa air, jaringan listrik dan pendingin (A/C) ruangan serta pelengkap lainnya dalam kondisi yang baik sehingga tidak menyebabkan gangguan kepada Pemilik/Penghuni yang lain.
    Pemilik/Penghuni agar memperbaiki atau memelihara Unit Rumah Susunnya dan tetap menjaga dalam keadaan baik agar Rumah Susun The Edge Superblock tersebut tetap terpelihara dengan standar yang layak guna mempertahankan nilai Rumah Susunnya itu sendiri.

    VII.2. Kebisingan.

    Pemilik/Penghuni tidak boleh membuat kebisingan yang mengganggu Pemilik/Penghuni Rumah Susun The Edge Superblock yang lain.
    Pemilik/Penghuni tidak boleh menyalakan radio atau televisi dan sebagainya dengan suara-suara yang keras. Memainkan peralatan band(-peralatan lain) setiap saat dalam Unit Rumah Susun The Edge Superblock.
    Pemilik/Penghuni harus menjamin bahwa tamu-tamunya/sopir-sopir tidak mengumumkan kedatangan mereka melalui suara klakson mobil atau dengan cara yang sedemikian rupa sehingga menyebabkan kebisingan atau kejengkelan pada penghuni yang lainnya.
    Pemilik/Penghuni untuk selalu menjaga toleransi dan memelihara ikatan sosial yang baik antar sesama penghuni, maka tidak diperkenankan untuk melakukan aktifitas keagamaan, kegiatan sosial/pesta yang melibatkan banyak orang didalam hunian. Untuk aktifitas keagamaan dilakukan di Mesjid atau Gereja yang sudah disediakan dan/atau ruang pertemuan.
    Pemilik/Penghuni selalu menjaga ketenangan dan memelihara ketertiban lingkungan serta privasi setiap penghuni. Apabila penghuni hendak menyelenggarakan kegiatan sosial/pesta yang melibatkan lebih dari 20 ( dua puluh) peserta atau kegiatan lainnya yang dapat mengganggu ketentraman para penghuni lainnya atau akan menggunakan sarana milik umum, maka harus melaporkan secara tertulis kepada pengelola selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum kegiatan dimulai dan persetujuan untuk hal itu akan diberikan secara tertulis, tanpa mengurangi kewajiban penghuni untuk mendapatkan ijin dari pihak-pihak yang lain yang berhak atau berwenang. Pertemuan, kegiatan sosial/ Pesta harus diakhiri Jam 24.00 WIB.

    VII.3. Bau.

    Untuk mencegah bau masakan mengganggu Pemilik/Penghuni lainnya, disarankan agar mempergunakan exhaust fan dan hindari memasak masakan yang menimbulkan bau yang keras, seperti terasi, ikan asin, dll.

    VII.4. Sopir dan Pembantu Rumah Tangga.

    Sopir dan Pembantu Rumah Tangga tidak diperkenankan mengundang atau menerima tamu di lingkungan Rumah Susun The Edge Superblock kecuali ditempat yang ditentukan yaitu ruang tunggu sopir. Disini para Sopir dan Pembantu Rumah Tangga harus selalu menjaga ketertiban, kebersihan dan sopan santun. Baik sopir maupun Pembantu Rumah Tangga tidak diizinkan berkumpul/mengobrol di Koridor Rumah Susun atau di tangga darurat. Dan dilarang untuk berjudi, menggunakan/mengedarkan narkoba, minuman keras atau perbuatan melanggar hukum.
    Sopir tidak diperkenankan menginap di ruang tunggu sopir atau di tempat lain di lingkungan Rumah Susun Rumah Susun The Edge Superblock.
    Pemilik/Penghuni berkewajiban memberitahukan tertulis kepada Keamanan, jika Sopir/Pembantunya yang sudah berhenti bekerja masih terlihat berkeliaran di Rumah Susun The Edge Superblock.

    VII.5. Bahan-bahan Berbahaya.

    Pemilik/Penghuni dilarang menggunakan atau menyimpan pada Unit Rumah Susunnya atau pada Bagian Bersama, Benda Bersama, dan Tanah Bersama, zat-zat kimia, cairan atau gas yang mudah terbakar/meledak atau bahan-bahan lain yang digunakan untuk keperluan rumah tangga, tangki minyak kendaraan bermotor atau mesin lainnya yang banyak digunakan dalam rumah tinggal. Pemilik/Penghuni Rumah Susun dilarang menggunakan minyak atau zat/bahan yang memberikan asap atau uap atau bau yang mengganggu dan pengunaan tabung gas yang tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia dan/atau yang telah ditentukan pengelola.

    VII.6. Tamu Pemilik/Penghuni.

    Setiap tamu yang datang yang akan menginap lebih dari 1x24 jam harus dilaporkan kepada Pengelola Rumah Susun. Bila dipandang perlu karena menyangkut keamanan dan ketertiban, Pengelola Rumah Susun berwenang meminta keterangan kepada Pemilik/Penghuni mengenai tamu tersebut serta mengadakan pemeriksaan secara seksama.
    Pemilik/Penghuni bertanggung jawab atas segala tingkah laku/tindak tanduk dari tamu-tamunya yang melanggar Ketentuan/Peraturan yang ada.

    Pengelola Rumah Susun berhak mengusir setiap orang dari lingkungan Rumah Susun The Edge Superblock yang disebabkan ketidaktaatan, mabuk-mabukan atau pelanggaran peraturan dan tata tertib.

    VII.7. Tingkah Laku.

    Pemilik/Penghuni wajib mengambil tindakan yang layak untuk meyakinkan bahwa tamu-tamunya tidak berkelakuan mengganggu ketenangan Pemilik/Penghuni yang lain atau orang lain yang menggunakan Rumah Susun The Edge Superblock secara sah.
    Pemilik/Penghuni ketika berada di lingkungan Rumah Susun The Edge Superblock harus berpakaian layak dan dilarang menggunakan bahasa atau bertingkah laku yang dapat melukai perasaan atau menyebabkan keadaan yang memalukan pada Pemilik/Penghuni Rumah Susun The Edge Superblock yang lain.
    Pemilik/Penghuni harus mengambil tindakan yang layak untuk meyakinkan bahwa anak-anak yang berada dibawah pengawasannya ketika bermain di Rumah Susun The Edge Superblock TIDAK :

    Menyebabkan kerusakan pada Bagian Bersama, Benda Bersama dan Tanah Bersama dan/atau
    Membuat kebisingan yang mengganggu ketenangan Pemilik/Penghuni Rumah Susun yang lain. Mengizinkan anak-anak bermain di lift atau di lobby, tangga darurat, beranda untuk mobil atau di daerah depan Rumah Susun The Edge Superblock. Anak-anak dilarang menggunakan dinding untuk bermain bola atau mengotori, merusak dinding atau daerah umum dengan cara apapun. Pemilik/Penghuni dari anak-anak yang mengotori atau merusak dinding atau daerah umum akan menanggung biaya yang akan dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

    VII.8. Pergantian /Perubahan Pemilik/Penghuni/Bepergian.

    Setiap pergantian/perubahan Pemilik/Penghuni termasuk anggota keluarga, Pembantu Rumah Tangga/Pramuwisma atau Sopir harus dilaporkan secara tertulis kepada Pengelola Rumah Susun dan mentaati prosedur administrasi yang ditetapkan.
    Jika Pemilik/Penghuni merencanakan untuk bepergian keluar kota dan meninggalkan Unit Rumah Susunnya menjadi kosong untuk jangka waktu tertentu, Pemilik/Penghuni wajib melaporkan kepada Pengelola Rumah Susun mengenai rencana kepergiannya tersebut.

    BAB VIII

    LAIN - LAIN

    VIII.1. Perubahan

    Pengembang berhak merubah (menambah dan/atau mengurangi) untuk memperbaiki, menyempurnakan Ketentuan, Peraturan dan Tatatertib. Setiap perubahan akan diberitahukan oleh pengembang dan/atau pengelola kepada Pembeli dan/atau penghuni secara tertulis selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum dinyatakan efektif berlaku.

    VIII.2. Korespondensi

    Setiap berita atau pemberitahuan kepada Pembeli akan disampaikan oleh pengembang pada alamat korespondensi yang tercantum dalam PPJB, sedangkan untuk hunian yang telah dihuni akan disampaikan pada alamat hunian yang ada dikawasan, kecuali pengembang menerima pemberitahuan tertulis secara khusus mengenai alamat korespondensi lain yang ditunjuk oleh Pembeli dan/atau penghuni.

    Apabila terjadi peralihan hak, maka pihak yang mengalihkan dan menerima peralihan atas kavling dan/atau hunian tersebut, wajib melapor kepada pengembang dan/atau pengelola

    Berita Terbaru

    Berita Terbaru